Pada arsitektur modern penggunaan atap genteng sudah mulai dikurangi, tak hanya karena pemasangan yang lama namun juga harga material yang semakin naik. Selain itu faktor efisiensi juga dihitung, karena semakin luas bangunan maka jumlah pekerja dan material yang harus digunakan akan semakin bertambah. Maka dapat dibayangkan bagaimana jika masih mengandalkan atap biasa untuk menutup lapangan basket yang luasnya tidak main-main, tentunya akan memakan banyak biaya untuk merealisasikannya. Oleh karena itu, sebagai alternatif Anda bisa menggunakan Atap membran untuk lapangan basket.

Kelebihan Atap Membrane untuk Lapangan Basket

1. Tampilan Lapangan Basket Menjadi Lebih Modern

Atap membran memiliki tampilan yang dinamis, sehingga dapat sesuai dengan setiap jenis bangunan ataupun ruang yang ditempatinya. Terlebih lagi tempat yang menerapkan konsep ini pun masih terbilang jarang, sehingga mudah membuat orang merasa tertarik. Tak hanya itu, berkat materialnya yang fleksibel, pemasangan atap jenis ini dapat dikombinasikan dengan berbagai desain modern. Hal ini otomatis akan memberikan kesan urban pada lapangan basket, terutama jika dipadukan dengan sudut pemasangan yang tepat.

2. Hemat Biaya

Pada dasarnya pemasangan atap membran tidak membutuhkan banyak rangka, sehingga hal tersebut dapat menghemat anggaran yang diperlukan. Mengapa demikian? atap membrane terbuat dari material yang lentur, sehingga dimensinya dapat dilebarkan dengan mudah. Secara otomatis hal tersebut akan membuat kerangka besi yang diperlukan semakin sedikit, namun struktur yang digunakan tentunya harus kokoh supaya atap dapat terpasang dengan kuat.

3. Bahan Kuat

Membran dengan kualitas yang bagus sepert Serge Ferrari memiliki material yang kuat dan tidak mudah rusak. Walaupun material ini memiliki sifat yang elastis namun dengan adanya precontraint technology maka pada proses pemasangan Atap membran untuk lapangan basket tidak akan bergelombang ketika ditarik. Hal ini  tentunya berpengaruh terhadap kekuatan yang dimilikinya, sehingga tidak akan ada bagian yang robek ketika membran diaplikasikan pada rangka. Selain itu benang polyster yang dimilikinya juga dibuat dengan lurus, dan hal ini dapat memberikan kekuatan yang merata terhadap seluruh bagian membran.

4. Awet

Karena terbuat dari bahan yang kuat tentunya atap membran memiliki ketahanan yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Menurut Serge Ferrarri sendiri membran buatannya mampu bertahan hingga 20tahun lebih. Material tersebut memiliki top coat dengan ketebalan hingga 240 microns, sehingga dapat memberikan proteksi yang baik terhadap benang polyster. Hasilnya membran tahan terhadap abrasi dan segala kondisi cuaca, dan yang terpenting tidak rusak bila terkena sinar UV berkepanjangan. Jadi sangat aman untuk menggunakan membran tersebut sebagai atap lapangan ataupun bangunan lainnya.

5. Pemasangan Cepat

Karena material ini sangat simple, maka membran sangat cocok digunakan untuk berbagai proyek yang menuntut diselesaikan dalam waktu cepat. Pemasangan atap membran sendiri tidak memerlukan waktu yang lama, apabila kerangka sudah siap, maka Atap membran untuk lapangan basket dapat selesai hanya dalam hitungan hari. Namun supaya dapat terpasang dengan baik dan mendapat hasil yang bagus, sebaiknya instalasi dilakukan oleh tenaga yang sudah berpengalaman.

6. Materal Tahan Gempa

Atap membran terkenal sebagai material yang tahan gempa. Hal ini dikarenakan membran memiliki bobot yang ringan namun memiliki kekuatan yang bagus dalam menghadapi goncangan. Kalaupun ada kemungkinan atap terjatuh, maka orang yang berada di bawahnya tidak akan mengalami cedera.

Jenis-jenis Atap Membrane yang Cocok untuk Lapangan Basket

1. Serge Ferrari Flexlight Perform 502 S2

Atap membran ini memiliki desain yang transparan, sehingga tampak unik ketika diaplikasikan pada lapangan. Meski demikian jenis kain tahan api ini tetap dapat diandalkan untuk melindungi lokasi yang ditempatinya. Penggunaan membran ini dapat menciptakan suasana yang segar pada lapangan, karena orang di dalamnya masih dapat melihat pemandangan yang berada di luar. Penggunaan produk ini pada lapangan basket juga sangat bermanfaat karena dapat meminimalisir penggunaan lampu di siang hari berkat pencahayaan alami yang tembus dengan baik.

Flexlight Perform 502 hanya memiliki satu pilihan warna, yaitu warna putih yang dapat memberikan transparansi sempurna. Walau begitu Atap membrane untuk lapangan basket ini memiliki keistimewaan yang tahan terhadap debu dan juga polusi, sehingga warna yang dimilikinya tetap terjaga. Hal ini tentu saja akan membuat atap menjadi lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Material ini juga sangat ringan karena hanya memiliki bobot 590g per m2. Sedangkan untuk kekuatannya sendiri mencapai 28/28daN per 5 cm.

2. Serge Ferrari Flexlight Perform 702 S2

Atap membran ini pun memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan Flexlight Perform 502, bahkan desainnya pun sama-sama transparan. Produk ini juga memiliki resistansi terhadap api sehingga memiliki ketahanan yang baik terhadap paparan sinar matahari dan kedap air.

Dari segi kekuatan, Flexlight Perform 702 tentu lebih baik dari membran sebelumnya, karena kain ini memiliki desain yang lebih tebal. Tingkat kekuatannya yaitu sekitar 30/28daN per 5cm, sedangkan bobotnya mencapai 750g m2. Untuk pilihan warnanya Flexlight Perform 702 S2 hanya tersedia dalam warna putih. Tetapi dengan fitur varnish maka tidak perlu khawatir dengan tampilan membuat tampilannya yang dimilikinya, karena membran tidak akan kusam akibat debu dan kotoran.

3. Serge Ferrari Flexlight Advanced 902

FLEXLIGHT Advanced 902 juga merupakan membran yang terbuat dari material tahan api. Oleh karena itu bisa dibilang material ini punya ketahanan yang sangat bagus, dan pastinya awet untuk digunakan secara permanen. Berbeda dengan kedua produk sebelumnya yang memiliki desain transparan, produk ini menawarkan desain dengan daya tutup sempurna terutama untuk melindungi orang-orang di dalamnya dari sinar matahari. Oleh karena itulah membrane Advanced 902 dibuat jauh lebih tebal daripada produk serge ferrari lainnya. 

Atap membrane ini diproduksi dengan warna putih yang cocok diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan, termasuk Atap membrane untuk lapangan basket. Karena ketebalan yang dimilikinya bobotnya dapat mencapai 950g per m2, sedangkan kekuatan yang dimilikinya yaitu sekitar 55/50daN per 5cm. Material kokoh ini pastinya akan sangat awet jika digunakan sebagai atap, selain itu produk ini pun tahan terhadap debu dan polusi yang berpotensi membuat tampilannya menjadi kotor.

Pengaplikasian Atap Membran untuk Lapangan Basket

1. Untuk Menutup Bangku Penonton

Pada lapangan outdoor bangku penonton adalah salah satu wilayah yang harus terlindungi dari hujan maupun panas.  Oleh karena itu jenis membran yang cocok digunakan untuk kebutuhan ini adalah jenis non transparan seperti Flexlight Advanced 902. Membran ini dapat ditempatkan di area tribun untuk memberikan kenyamanan kepada para supporter yang sedang menyemangati para pemain. Karena fleksibilitasnya pemasangan pun dapat dilakukan dengan berbagai macam desain untuk menciptakan pemandangan yang bagus pada area yang diinginkan.

2. Sebagai Penutup Seluruh Lapangan

Atap membran untuk lapangan basket juga bisa digunakan untuk mengubah lapangan outdoor menjadi indoor dengan menutup seluruh area lapangan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengaplikasikan jenis membran transparan ataupun non transparan. Dengan pemasangan rangka berbentuk kurva ataupun setengah lingkaran di sepanjang lapangan maka pemasangan dapat dilakukan dengan mudah. Meski desain tersebut terkesan minimalis namun sudah banyak yang menggunakan konsep ini pada gedung olahraga maupun lapangan tenis.

Apabila menginginkan ruangan yang terang di siang hari maka jenis membran transparan seperti Flexlight Perform 702 adalah yang paling cocok digunakan. Hal ini dapat membantu penonton maupun pemain basket supaya bisa melihat dengan jelas pada saat permainan sedang berlangsung. 

3. Tenda Tenant

Kehadiran tenda tenant pada lapangan juga tidak boleh dilupakan. Karena pada saat pertandingan besar diadakan biasanya akan ada banyak tenant yang menyediakan berbagai makanan dan souvenir di luar lapangan. Indonesia memiliki suhu yang lumayan panas, sehingga atap membran dapat digunakan sebagai solusi untuk melindungi para peserta dari terik matahari. Kehadiran membran pun dapat digunakan sebagai tempat berteduh jika terjadi hujan sewaktu-waktu. Selain dimanfaatkan sebagai atap, untuk keperluan tenant membran juga bisa dipesan dalam bentuk tenda yang lebih praktis.

4. Parking Area

Selain beberapa kegunaan di atas membran juga bisa diaplikasikan sebagai atap pada parking area. Penggunaannya sebagai atap akan membuat tempat parkir terlihat lebih indah ketimbang memakai atap seng atau fiber. Hal ini tentunya juga berguna untuk melindungi setiap kendaraan yang berada di bawahnya terutama saat musim penghujan. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir akan kendaraan mereka saat mengikuti pertandingan.

5. Sebagai Dekorasi Outdoor

Tak hanya dapat digunakan sebagai atap membran untuk lapangan basket, membran juga bisa digunakan sebagai dekorasi outdoor, misalnya seperti yang digunakan pada Sun Shade Auditorium. Penggunaan membran di sini bukan untuk melindungi gedung dari cuaca melainkan untuk memperindah bagian luar gedung. Dengan desain yang dibuat skreatif mungkin maka potongan-potongan membran dapat diaplikasikan secara artistik pada rangka yang sudah dibuat. Hal ini otomatis akan membuat minat masyarakat untuk mengunjungi lapangan basket semakin meningkat.

Tampil Urban Dengan Atap Membrane untuk Lapangan Basket

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button0811300404
error: DMCA protected !!