Kolam renang outdoor tidak selalu benar-benar terbuka. Dengan adanya inovasi roofing atau konstruksi atap kekinian, kolam renang outdoor pun kini bisa tampil lebih stylish dan tetap nyaman tanpa takut terkena panas matahari langsung. Roofing tersebut menggunakan atap membrane yang merupakan sebuah inovasi bahan atap terkini. Atap membrane untuk kolam renang ini sudah menjadi trend di kota-kota besar. Baik di kawasan komersil maupun untuk penggunaan pribadi.

Spesifikasi Atap Membrane untuk Kolam Renang

Atap dengan menggunakan bahan membrane memang sedang menjadi trend saat ini. Tidak hanya atap membrane untuk kolam renang saja,  penggunaannya saat ini sudah lebih luas, mulai dari untuk carport, kanopi, atap stadion dan masih banyak lagi yang lainnya. Penggunaan bahan membrane untuk atap outdoor ini dipilih karena bahan ini dibuat dengan menerapkan teknologi khusus yang membuatnya lebih tahan lama.

Atap membrane menerapkan teknologi precontraint yang mana pada saat proses pembuatan sudah dilakukan penarikan secara maksimal ke semua sisi. Dengan begitu, bahan membrane ini lebih kuat dan lebih unggul jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Tak hanya itu saja, dalam pembuatannya, bahan membrane ini dibuat dengan menggunakan 4 lapisan yang pasti menjamin kualitasnya. 4 lapisan yang digunakan itu antara lain adalah:

Base Fabrics

Base fabrics ini adalah bahan dasar yang merupakan kain dari polyester. Kain ini dipilih karena memiliki kekuatan yang tinggi, kekuatan tarik dan kekuatan sobek yang tinggi sehingga tidak akan mudah sobek meskipun dibentuk untuk membuat berbagai desain.

Coating

Setelah bahan dasar, lapisan selanjutnya adalah lapisan coating. Lapisan coating yang digunakan ada 2 lapisan, yaitu primary dan top coating. Bahan pelapisnya adalah PVC dengan ketebalan mencapai 240 microns. Dengan lapisan coating sebesal ini benang polyester yang merupakan bahan dasar membrane ini akan lebih terlindung dari cuaca yang bisa merusaknya. Tak hanya itu, kekuatan daya tarik yang dimiliki oleh membrane pub akan meningkat dengan proses pelapisan atau coating ini.

Permukaan

Di bagian paling luar masih diberi lapisan pernis. Lapisan pernis ini ditambahkan untuk membuat tampilannya lebih menarik. Selain itu, lapisan pernis ini juga memberikan fungsi perlindungan terhadap serangan jamur atau mikroba lain yang pasti muncul akibat perubahan cuaca. Lapisan pernis ini juga memberikan perlindungan terhadap paparan sinar UV yang membuatnya tetap aman dan nyaman saat siang.

Mengapa Memilih Atap Membrane untuk Kolam Renang?

Dengan spesifikasi bahan yang sudah dijelaskan di atas, maka tidak heran jika atap membrane untuk kolam renang menjadi trend konstruksi yang banyak dicari saat ini. Penggunaan membrane untuk atap konstruksi outdoor ini memang memberikan banyak, keunggulan. Apalagi untuk kolam renang yang notabene sering dikunjungi oleh banyak orang. Jika Anda ingi n mencoba menggunakan bahan membrane ini untuk atap kolam renang atau pembuatan atap lainnya, berikut adalah beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan.

Desain yang Modern dan Stylish

Semua yang menggunakan bahan membrane untuk kebutuhan roofing, baik atap membrane untuk kolam renang maupun jenis atap lain seperti kanopi atau carport pasti setuju jika bahan ini menambah nilai estetik sendiri untuk konstruksi bangunan yang dibuat. Tampilan yang dihasilkan dengan penggunaan membrane ini adalah kesan modern sekaligus stylish. Warnanya putihnya terkadang juga bisa memberikan kesan futuristik pada konstruksi bangunan tersebut.

Memberikan Perlindungan Terhadap Sinar UV

Seperti yang sudah dijelaskan pada penjelasan tentang lapisan yang digunakan dalam pembuatan membrane ini, lapisan paling atas adalah lapisan yang menggunakan pernis. Lapisan pernis ini memberi manfaat perlindungan dari paparan sinar UV dengan maksimal. Karena itu, penggunaan bahan membrane untuk atap kolam renang outdoor sangat cocok karena akan melindungi Anda dari paparan sinar UV yang tidak baik untuk kulit saat berenang. Anda pun tak perlu lagi khawatir meskipun sedang berenang di area outdoor jika ada atap membrane ini.

Perlindungan maksimal yang diberikan ini karena atap membrane ini dapat digunakan untuk area yang lebih luas, sehingga tidak terbatas pada bagian pinggir kolam saja. Jika Anda membuat desain atap yang bisa melindungi hingga bagian kolam renang pun masih memungkinkan karena memang bahan ini memiliki daya tarik yang lebih tinggi. Karena itulah perlindungannya terhadap sinar UV pun jadi lebih maksimal.

Desain yang Bisa Dibuat Tidak Terbatas

Selain menghasilkan desain dengan tampilan modern dan stylish, atap membrane untuk kolam renang juga banyak digunakan karena desain atau struktur yang dihasilkan sangat banyak bahkan tidak terbatas. Penggunaan kerangka yang ringan dengan bahan atap yang fleksibel namun tetap kuat memungkinkan Anda membuat desain atap apapun dengan menggunakan bahan ini. Hal ini akan memberikan keuntungan lebih kepada Anda karena Anda bisa bebas berkreasi dalam pembuatan desain atap untuk kolam renang Anda.

Tahan Terhadap Cuaca

Bahan membrane ini memang merupakan bahan yang dibuat khusus untuk konstruksi outdoor. Karena itu, dalam proses pembuatannya digunakan bahan-bahan khusus dan berkualitas pula. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada saat pembuatan membrane, ada 4 lapisan yang digunakan untuk bahan ini. Salah satu lapisannya adalah lapisan yang bisa mencegah dampak dari pergantian cuaca yang ekstrem. Seperti misalnya munculnya jamur atau debu yang bisa merusak bahan. Dengan penggunaan lapisan tersebut, membrane pun jadi lebih tahan terhadap serangan cuaca yang berganti-ganti tak menentu.

Selain itu, atap membrane ini juga terbilang tahan terhadap cuaca karena penggunaan rangka besi ringan sebagai konstruksi dasarnya. Penggunaan rangka yang ringan namun tetap kuat ini memungkinkan atap bisa tetap bertahan, bahkan saat diterjang angin kencang. Anda yang berada di bawah atap ini pun terjamin keamanannya bahkan ketika ada angin kencang.

Harga Lebih Terjangkau

Melihat semua keunggulan yang diberikan saat Ands menggunakan atap membrane untuk kolam renang, Anda pasti berpikir jika harus mengeluarkan budget lebih besar untuk mendapatkan semua keunggulan tersebut. Namun, hal tersebut salah besar karena justru pemasangan atap membrane ini tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan jenis atap lainnya. Hal ini karena pemasangannya yang mudah, dengan material yang ringan tidak membutuhkan tenaga ekstra saat pemasangannya sehingga tarif untuk memasang atap ini pun jadi lebih terjangkau.

Perawatan Mudah

Atap membrane yang saat ini sedang banyak digunakan dan menjadi trend atap stylish memang menawarkan keunggulan yang mana salah satunya adalah tampilan dan desain yang lebih estetik. Namun di balik keunggulan ini, banyak pengguna yang khawatir dengan perawatan bahan membrane ini, apalagi dengan penempatannya di luar ruangan yang otomatis akan terpengaruh oleh perubahan cuaca. Anda tidak perlu menyiapkan budget khusus untuk perawatannya karena perawatan termasuk pembersihan bisa Anda lakukan sendiri.

Untuk perawatan, Anda setidaknya harus melakukan pemeriksaan secara rutin setiap beberapa bulan sekali. Hal ini ditujukan untuk melihat jika ada kotoran yang mungkin sudah mengendap di bagian atas atap. Selanjutnya, untuk membersihkan, Anda hanya perlu naik ke bagian atas atap lalu bersihkan kotoran yang mengendap tersebut. Jika perlu, gunakan air supaya lebih bersih. Namun sebelumnya, saat naik ke bagian atas atap, pastikan Anda menggunakan alat pengaman.

Tahan Lama

Ini adalah keunggulan yang paling banyak dicari saat orang-orang memilih menggunakan atap membrane, yaitu daya tahannya. Dilihat dari bahan pembuatnya saja sudah memberikan jaminan daya tahan yang cukup lama. Apalagi jika Anda rajin melakukan pemeriksaan dan rajin membersihkan kotoran yang bisa merusak kualitas membrane, maka bisa dipastikan daya tahannya pun akan lebih lama. Untuk atap membrane ini sendiri rata-rata bisa bertahan dari 5 hingga 10 tahun pemakaian.

Fungsi Atap Membrane Lainnya

Selain digunakan untuk membuat atap membrane untuk kolam renang, atap membrane ini juga dimanfaatkan untuk membuat jenis atap untuk kebutuhan lainnya. Beberapa diantaranya pasti pernah Anda temukan secara tidak sengaja, seperti penggunaan pada beberapa tempat berikut ini.

Carport di Gedung Perkantoran

Contoh pemanfaatan lain dari atap membrane selain untuk atap kolam renang adalah untuk carport di gedung-gedung perkantoran. Di daerah kota besar, carport yang berada di luar ruangan biasanya akan dilindungi dengan atap membrane ini. Selain fungsinya sebagai peneduh, desainnya yang menarik pun menjadi daya tarik tersendiri.

Kanopi Cafe atau Restaurant

Kebanyakan pemanfaatan atap membrane memang untuk bangunan-bangunan yang sifatnya komersil. Lihat contohnya pemanfaatan membrane ini untuk membuat kanopi di restaurant atau cafe. Sekali lagi, pemanfaatan ini memang sengaja untuk memberikan tampilan yang lebih menarik dan estetik.

Atap membrane untuk kolam renang saat ini sedang menjadi trend untuk dunia konstruksi. Bahkan penggunaannya tidak hanya terbatas pada kolam renang saja, namun untuk penggunaan konstruksi outdoor lainnya. Seperti beberapa contoh pemanfaatan yang disebutkan di atas. Spesifikasi dan keunggulan yang ditawarkan oleh bahan inilah yang membuat banyak orang kemudian memilih bahan membrane sebagai bahan untuk roofing konstruksi yang dibuatnya.

Atap Membrane untuk Kolam Renang, Tahan Lama dan Artistik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button0811300044
error: DMCA protected !!